Skip to main content

Ingin Sekolah di Luar Negeri Tapi Bahasa Inggris Masih Pas-pasan? Baca ini !

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Mulai Paling Dasar


Kali ini saya akan berbagi sedikit tips belajar Bahasa Inggris, yang secara personal saya gunakan hingga bisa lolos beasiswa ke India alias ICCR. Jika teman-teman pernah membaca artikel saya yang berjudul Life Journey : From Indonesia to India (Part I) pasti sudah tau betapa payahnya Bahasa Inggris saya saat itu. 

Sebetulnya tips ini bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di segala bidang, tidak hanya sekedar lolos beasiswa saja. Tentu saja tips ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, apalagi dalam mempelajari bahasa. Saat ini saya sedang belajar Bahasa Perancis dan saya menggunakan cara yang sama ketika saya belajar Bahasa Inggris dulu.

Berikut yang saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris 

Jangan Langsung Beli Buku TOEFL.

Jika kalian benar-benar merasa kemampuan berbahasa Inggris sangatlah kurang atau bahkan bisa dibilang sangat rendah (seperti saya dulu), saya sangat sarankan JANGAN langsung tergesa-gesa membeli buku TOEFL. Believe me ! It won't work at all ! Sebagai gantinya, belilah buku Bahasa Inggris yang 'lebih ringan' seperti English Daily Conversation. Jangan pula terlalu berambisi membeli buku Daily Conversation setebal 500 halaman, mulai saja dari yang 200 halaman. Bahkan buku saya dulu tidak sampai 200 halaman. Ingat, belilah buku daily conversation yang juga menyertakan terjemahannya (ini penting).

Jangan tergesa-gesa untuk menyelsaikan buku tersebut. Ingat ! Tujuan kita bukanlah untuk maraton membaca buku tersebut layaknya membaca novel, namun target kita adalah meningkatkan vocabulary !

Siapkan highlighter seperti stabilo . Tandai dengan stabilo  kosa kata Bahasa Inggris mana yang tidak tahu artinya, dan tandai pula terjemahan Bahasa Indonesia nya. Tandai pula kosa kata+artinya yang jarang kita temukan, walaupun kita tahu artinya. Satu lagi, tandai juga kosa kata+artinya yang kita jarang menggunakannya

Jika kita sudah selesai membaca buku tersebut, maka buku kita akan penuh dengan coretan-coretan stabilo, seperti saya dulu. Jangan langsung berambisi membeli buku baru. Jangan. Baca-baca ulang buku tersebut, terutama bagian-bagian yang kita tandai. Ulangi hingga kita benar-benar memahami arti kata tersebut dan konteks penggunaannya. Konteks penggunaan maksudnya begini, kata break dalam Bahasa Inggris artinya pecah. Namun pada konteks kalimat I would like to take a break , kata break mempunyai arti istirahat.

Jangan Belajar dari Terlalu Banyak Lagu Bahasa Inggris

Banyak yang bilang belajar Bahasa Inggris secara efektif lewat lagu. Yap betul sekali, kalau kita tau cara belajarnya ! Dan jarang yang tahu cara belajar Bahasa Inggris lewat lagu. Cara saya yang ini nampaknya memang agak ribet, namun coba saja dulu, siapa tahu ini menjadi cara yang terbaik untuk kalian. Ingat ya, tidak ada cara belajar yang mudah. Semua butuh usaha dan ketekunan. 

Cari sebuah lagu yang menurut saya paling favorit untuk dijadikan media belajar. Pilih lagu yang agak slow. Kalau saya dulu pakai lagunya Secondhand Serenade yang berjudul Fall For You. Jangan tergesa-gesa memakai banyak lagu, fokus saja dengan satu lagu yang menurut kalian nyaman. Tulis lirik lagu nya. Tulis tangan saja, supaya lebih terasa kalau kita berusaha belajar. Tiap satu bait, beri jarak satu baris kosong, dan tulis bait selanjutnya dibawah baris kosong tersebut. Kemudian tulis phonetics kata-kata tersebut pada baris yang kosong. Phonetics adalah cara pengucapan suatu kata. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara kita. Berusahalah untuk menyanyikan lagu tersebut dengan pronunciation yang benar. 

Dua Buku yang WAJIB Punya

Satu, Oxford Learner Dictionary. Dua, Oxford Grammar (lupa judul lengkapnya). Jangan bilang mau serius belajar Bahasa Inggris kalau kamus saja tidak punya. Saya tidak menyarankan untuk menggunakan kamus English-Indonesia, jika betul-betul mau belajar, pakai kamus English-English. Karena saya dulu nggak banyak uang jadi saya beli buku yang bajakan. Oxford Dictionary dan Oxford Grammar cari yang seri pocket . Karena kecil dan mudah dibawa. Saya dulu beli kedua buku tersebut yang bajakan harganya Rp 10.000 untuk kamus oxford, dan Rp 9.000 untuk yang grammar. 

Chatting pakai Bahasa Inggris

Saya dulu sengaja aktif di salah satu aplikasi chatting yang khusus saya gunakan untuk berteman dengan orang luar negeri saja. Jaman saya dulu tahun 2011 saya pakai aplikasi mig33. Saya join di salah satu chatroom dan berteman dengan mereka. Saya tidak merekomendasikan langsung chatting dengan orang Amerika, British, atau dari negara yang memang bahasa ibu mereka adalah Bahasa Inggris, karena mereka akan cenderung menggunakan Bahasa Inggris yang agak fancy atau slang. Saya pernah chatting dengan orang Amerika dan dia bilang ke saya "Your English is suc*" :D 

Beberapa negara rekomendasi saya untuk dijadikan teman :Malaysia, India, Pakistan, Nepal, Sri Lanka, Maldives, negara-negara di Afrika seperti Kenya, Arab Saudi, dll. Pokoknya berteman saja dengan mereka yang berasal dari negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Kenapa? Karena mereka juga bukan English native speaker, maka mereka akan lebih memahami saat Bahasa Inggris kita salah. 

Baca Buku-buku Bilingual

Ini yang saya lakukan saat saya SMA dulu. Saya sering menggunakan buku-buku pelajaran bilingual untuk belajar ketimbang buku pelajaran yang murni berbahasa Indonesia. Saya mendapatkannya dari perpustakaan sekolah. Jika nyali saya sedang tinggi maka saya akan meminjam buku pelajaran yang murni berbahasa Inggris :D

Overconfidence is needed

Jika ada acara-acara seperti pameran pendidikan internasional, ikut! Karena kadang mereka mengadakan TES TOEFL GRATIS. Tak ada salahnya sejak dini cari pengalaman tes toefl, sebelum benar-benar mengikuti TOEFL sungguhan. 

Saya dulu pertama kali ikut pameran pendidikan Australia dan New Zealand oleh Edlink-Connect di Hotel Phoenix, Yogyakarta, bisa jadi saya satu-satunya peserta yang masih SMP. Kebetulan sekali mereka menyediakan tes toefl gratis, dan masih tersisa satu kursi kosong. Tanpa berfikir panjang saya langsung ambil. Saya yakin saya peserta termuda di ruang tes itu. And I don't even care! :D

Hasil tes keluar setelah 3 hari, dan saat itu toefl skor saya adalah... dua ratus tujuh belas :D 

Hal-hal Kecil yang Sangat Membantu

Sering-seringlah 'memaparkan diri' dengan Bahasa Inggris seperti, ubah bahasa handphone dengan Bahasa Inggris. Ubah bahasa di Facebook, Twitter, Instagram dengan Bahasa Inggris. Sekali-sekali bikin status pakai Bahasa Inggris. Harus kalimat buatan sendiri, bukan kutipan lagu !

Itu tadi beberapa cara yang saya gunakan dalam belajar bahasa Inggris. Satu hal yang sangat penting supaya kita tetap istiqomah dalam belajar Bahasa Inggris adalah, temukan motivasi atau alasan kenapa saya harus bisa berbahasa Inggris. Motivasi saya dulu karena saya betul-betul bertekat ingin sekolah keluar negeri, jadi segala cara saya upayakan.


I think that's pretty much it. Good luck guys! And never stop making hope although it seems impossible. Be the proof that impossible is nothing ! ;)

Sekian dan terimakasih.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

BEASISWA ICCR INDIA UNTUK S1-S3 TAHUN 2019-2020

Beasiswa Indian Council for Cultural Relations (ICCR) 2019-2020
Assalamu'alaikum teman-teman :) Mudah-mudahan teman-teman selalu sehat dan masih semangat ya karena saat yang selalu ditunggu-tunggu telah tiba. Yes, benar sekali. Beasiswa pemerintah India ICCR untuk jenjang S1-S3 tahun 2019-2020 akhirnya dibuka. Sudah banyak teman-teman yang menyapa saya di email dan Instagram untuk menanyakan perihal ICCR ini. Baiklah tanpa basa-basi lagi kita mulai saja ya.
Sekilas Tentang ICCR  Ternyata masih banyak juga teman-teman yang bertanya ke saya "Kak, ada gak sih beasiswa buat ke India?" dan semacamnya. Bagi yang belum kenal dengan Beasiswa ICCR, berikut saya utarakan lagi ya teman-teman. Indian Council for Cultural Relations (ICCR) adalah sebuah badan pemerintahan dibawah Ministry of Foreign Affairs (a.k.a Kemlu). Salah satu program ICCR adalah penyediaan beasiswa belajar di India untuk semua jenjang S1, S2, S3, dan Research untuk semua jurusan kecuali Kedokteran (Medicine) d…

[FAQ] Mencari Tempat Tinggal di India

Pertanyaan seputar mencari tempat tinggal di India dalam rangka studi merupakan salah satu pertanyaan yang cukup populer. Saya juga baru menyadari bahwa saya belum pernah membuat tulisan terkait hal tersebut. Jadi bagi teman-teman yang sedang istikharah untuk studi di India, mari kita belajar dulu ilmu mencari tempat tinggal disini.

Artikel ini berjudul 'mencari tempat tinggal' karena memang dikhususkan untuk teman-teman yang siapa tahu nanti kampus nya tidak menyediakan asrama (hostel) seperti kampus-kampus saya. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman selama saya sekolah di Delhi dan Hyderabad namun informasi yang tertulis bersifat umum.
Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin menyampaikan bahwa untuk teman-teman yang hendak belajar di kampus India, alangkah baiknya mencari informasi dahulu apakah kampus memfasilitasi hostel bagi mahasiswa asing. Informasi bisa didapatkan melalui website kampus atau bertanya langsung kepada mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di …

A Poem on Humanity : The Rotating Sphere

This world already lacks of love and humanity. Do not live in that kind of world. Build your own world. Decorate it with love, joy, and humanity, and live in it. That is the actual world. The prior is fake, or you can nickname it, The Rotating Sphere. If your own world does not have those accessories, then where will you run when the sphere becomes totally loveless?
We are too busy running for president, or striving for Nobel Prize by discovering more galaxies, or memorizing a hundred digits of Pi. We describe it as civilization. But pity, within us, are uncivilized.
Be on The Mother Earth. Stay on Her lap. But do not live it. Live what is within, and you will be more humane.
****

I love poems since I was 15. I love reading them, but never confident enough to write my own. But when I find the right time, idea, and sense, all those three combinations will suffice to drive me to write one. Most of the time, I will just keep my sketchy poems for myself.

The Rotating Sphere, I think, deserves for publicati…