Tempat Berburu Oleh-oleh di New Delhi, India Kelas Mahasiswa sampai Kelas Menengah

3:45 AM

Tempat Berburu Buah Tangan di New Delhi, India Kelas Mahasiswa sampai Kelas Menengah



Mau jalan-jalan ke India khususnya New Delhi? Cari tempat belanja oleh-oleh yang super murah? Topik kali ini saya buat cukup ringan...hehe no more heavy ! 

Berhubung India sangat besar dan banyak sekali tempat belanja murah. jadi kali ini saya persempit dulu cakupannya khusus di area New Delhi. Semoga bermanfaat :)


1. Sarojini Market

Ini adalah pasar favorit mahasiswa Indonesia di India. Yes ! Sarojini !  Berlokasi di daerah Sarojini Nagar. Di pasar ini kita akan menemukan barang-barang murah seperti tas, sandal, baju, sari, dompet, jam tangan, gelang, sampai barang pecah belah, semua nya ada. Sayuran pun ada ! Soal harga? Untuk baju, tas, dan sandal harga mulai Rs 100 atau sekitar Rp 20.000 saja.

Kekurangan : pasar ini bukan khusus menjual barang-barang etnik India. Walaupun barang khas India lumayan banyak, namun tidak menjadi 'produk utama 'di pasar ini.

2. Pahar Ganj Market 

Tempat ini agak jarang diketahui namun lumayan banyak menjual barang-barang khas India. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 20.000/pack untuk gantungan kunci. Tiap pack berisi 10 gantungan kunci. 

Saya dulu membeli banyak sekali gelang kaki yang cantik-cantik sebagai oleh-oleh. Berhubung orang Indonesia jarang yang pakai gelang kaki jadi saya bilang saja ke teman-teman dan saudara saya kalau itu gelang tangan :D Harganya hanya Rs 10 atau dua ribu rupiah per biji. 

Kekurangan : tempat nya tidak terlalu bagus, walau saya yakin sekali jika area tersebut di renovasi pasti akan jadi lebih bersih. 

3. Janpath Market

Nah ini baru tempat asli tempat cari oleh-oleh yang India banget. Mulai dari keset sampai baju pengantin semua nya khas India. Pasar ini menjual barang seperti kaos bertemakan India, tas bordir khas India, pakaian khas India; sari; kurti; kurta; rok india, kartu pos India, gantungan kunci India, sampai sarung bantal India.

Untuk kaos India sendiri, harganya mulai Rp 45.000 untuk ukuran dewasa. Gantungan kunci India harga Rp 10.000 per biji. Gantungan kunci tersebut terbuat dari semagam logam. Adapun miniatur Taj Mahal yang terbuat dari marmer, harga mulai dari Rp 50.000 untuk ukuran kecil. Tas bordir India hargapun bervariasi mulai dari Rp 40.000. Sedangkan untuk dompet harga mulai Rp 20.000.

Saya beberapa kali menjadi guide untuk tamu-tamu dari Indonesia yang sedang berkunjung di India. Hampir semua tamu saya terkesan dengan pasar ini.

Kenal Asma Nadia? Yup, novelis tersohor itu. Saya pernah menemai beliau belanja di Janpath juga dan beliau cukup puas berbelanja di pasar ini.

4. Tibetan Market

Jika kalian belanja ke Janpath Market jangan lupa mampir ke Tibetan Market sekedar untuk melihat-lihat barang etnik lain khas India. Yuhuu.. Tibetan Market ! Lokasi berseberangan dengan Janpath Market. 

Pasar ini kebanyakan menjual barang-barang antik seperti koin. Tidak hanya itu, banyak sekali kalung dan gelang dengan batuan yang unik nan nyentrik tersedia disini, mungkin mirip seperti akik hehe...

5. Dilli Haat atau Delhi Haat

Yang membuat saya senang dengan pasar ini adalah suasana eksotis saat senja hari. Biasanya akan ada pemain musik klasik India dan penari yang semakin menambah nuansa eksotisme pasar ini. Pasar ini sangat bersih dan tertata rapi. 

Barang-barang yang tersedia di pasar ini hampir sama dengan Janpath. Namun jika mencari oleh-oleh seperti garmen yang berkualitas super banyak didapat dipasar ini. Walaupun tidak berniat untuk membeli namun pasar ini cukup recommended bagi mereka yang ingin merasakan suasana eksotis India. Saya sarankan untuk datang ke pasar ini saat petang, atau menjelang maghrib.  

Itu dia 5 pasar terbaik jika dilihar berdasar isi kantong. Kenapa saya buat hanya lima? Karena menurut saya kelima pasar tersebur adalah pasar yang paling recommended bagi mereka yang hanya sekedar jalan-jalan ataau mampir sejenak di Ibu Kota.  That's pretty much it. See you and good luck ;)

Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔