[Personal Review ] Best 9 Worth Watching Bollywood Inspiring Movies

3:45 AM

Membahas India tidak akan lengkap tanpa  film India. Industri film terbesar kedua di dunia, Bollywood, sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Saya bukan pecinta film India. Saya bahkan sebetulnya bukan pecinta film dimana saat ada film baru tayang saya akan langsung ke bioskop atau minimal ya cari streaming online. Tidak. 

Hanya ada dua jenis film yang saya suka dari dulu hingga sekarang. Film biografi dan film inspirasi.  

Believe it or not, I haven't watched Harry Potter. And believe it or not, my professor was even surprised knowing that I was the only student in class who hadn't watched that movie. Actually I am just not interested in magical things and stuffs. 

Film India menurut saya lumayan keren-keren. Banyak sih sebetulnya film India yang menurut saya nonsense and sampah , tapi sekalinya film nya bagus biasanya akan bagus banget.
Oke kembali ke film India. Jika kalian berfikir bahwa film India hanya tentang cinta, well, sorry you are wrong. Berikut adalah daftar 10 film India yang menurut saya wajib tonton. Saya tidak sedang membuat daftar film cinta, walaupun di beberapa film ada bumbu-bumbu romantika but it's okay karena itu tidak mendominasi. 


#9. Tara Rum Pum - dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Rani Mukherjee. Dalam film ini Saif memerankan seorang pembalap mobil F1 terbaik bernama Rajveer Singh (RV). Rajveer dulunya seorang tukang pengganti ban untuk para pembalap F1 namun akhirnya dia bisa menjadi pembalap terbaik. Klimaks film ini ketika RV mengalami kecelakaan saat balapan disebabkan oleh rival nya yang iri dengan RV. Sejak saat itu RV mengalami gangguan kepala dan mengalami trauma menyetir. Dia dan istrinya, Rani Mukherjee, sempat dalam masalah ekonomi karena RV kehilangan pekerjaannya sebagai pembalah yang menyebabkan mereka mengalami krisis ekonomi. Saat itu keadaan keluarga RV betul-betul kritis karena anak mereka masuk rumah sakit dan pekerjaan RV sebaai tukang supir taksi tidak mencukupi. Dia pun akhirnya berusaha kembali untuk bertanding demi mendapatkan hadiah untuk membiayai rumah sakit anaknya. Usahanya untuk bertanding (lagi) pun tidak mudah karena ia harus melawan trauma nya dan harus melawan rival lama yang dulu mencelakainya saat bertanding.

Film ini menurut saya bagus untuk ditonton bagi mereka yang sedang membutuhkan motivasi hidup (seperti saya). LoL :D

#8. Sultaan - ini adalah film tahun 2016. Saya nonton film ini di salah satu bioskop di Delhi. Pemeran utamanya adalah Sultan Ali Khan (Salman Khan) dan Aafra Hussain (Anushka Sharma). Dalam cerita tersebut Sultan dan Aafra adalah pasangan pegulat (wrestling) terbaik. Mereka suami isteri.

Ceritanya mulai seru ketika Sultan dan Aafra juara gulat tingkat nasional dan lolos untuk maju ke Olympic. Berhubung saat itu Aafra sedang hamil jadi dia nggak bisa lanjut ke Olympic dan akhirnya Sultan sendiri yang maju dan dia menang. Namun sayangnya kemenangan dia membuat dia sombong bahkan saat istrinya melahirkan pun dia lebih memilih untuk jumpa pers (seingat saya). Ternyata oh ternyata bayi nya meninggal karena anemia. Sultan merasa bersalah dan mengutuk dirinya sendiri. Sejak saat itu dia bertekat untuk mendirikan Bank Darah. Perjuangannya mendapatkan dana untuk mendirikan Bank Darah benar-benar amazing banget sampai saya nangis *hiks

Best time to watch Sultaan : saat kalian merasa ingin menyerah dalam hidup, tontom film ini. Karena perjuangan mati-matian Sultan di film ini sangat terlihat. 


#7. Swades -  Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan dimana dia adalah seorang manajer projek NASA. By the way, syutingnya benar-benar di NASA lho ! Suatu ketika dia pulang ke India untuk cuti dan mengunjungi Kaveri Amma, pembantu dirumah yang merawat SRK sejak kecil. Dia merasa prihatin melihat desa tempat tinggal Kaveri Amma tidak ada akses listrik. Jangankan listrik, sekolah saja masih langka. Dia akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karirnya di NASA dan mengembangkan desa tersebut dengan membangun sumber listrik dari tenaga air. Dia juga membantu pembangunan sekolahan di desa tersebut.

Hal yang membuat film ini cukup inspiring adalah, SRK rela meninggalkan semua kemapanan dan karir nya di NASA demi kepentingan rakyat desa nya.

Film ini cocok ditonton oleh orang Indonesia diluar negeri yang nggak mau pulang ke Indonesia karena sudah mapan di negeri tetangga.


#6. 3 Idiots - film yang sempat booming di Indonesia ini saya yakin udah banyak yang tahu. Bintang utama film ini adalah Aamir Khan, Kareena Kapoor, Madhavan, dan Sharman Joshi. Film ini bercerita tentang tiga orang sahabat; Rancho, Raju, dan Farhan. Mereka adalah mahasiswa teknik di kampus teknik terbaik di India. Rancho (Aamir Khan) adalah mahasiswa yang selalu mendapatkan ranking pertama di kampus nya. Sedangkan Raju dan Farhan selalu peringkat paling bawah. Keluarga Raju amat miskin dan dia menjadi tumpuan harapan keluarganya. Farhan adalah seorang fotografer namun terpaksa kuliah teknik demi memenuhi harapan ayahnya.

Pada film ini Rancho selalu mengatakan bahwa jadilah apapun yang kamu suka. Saya merasa film ini cukup menjadi sindiran bagi rakyat India sendiri. Pasalnya di India, semua orang berburu ingin sekolah di teknik atau kedokteran dalam rangka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tak jarang pula yang mengorbanka passion mereka demi mendapatkan pekerjaan.

Moral value : do what you love !


#5. Tare Zameen Par (Like Star on Earth) - Saya rasa film ini juga sudah lumayan populer di Indonesia. Film ini menceritakan tentang seorang murid sekolah dasar, Ishaan, yang mengalami dyslexia. Dia tidak pernah mampu untuk belajar dengan baik karena gangguan tersebut. Ayah Ishaan sosok yang cukup keras yang memutuskan untuk menempatkannya di asrama (boarding school) agar dia bisa belajar dengan baik. Ishaan sebetulnya tidak ingin sekolah di asrama karena harus berpisah dengan keluarganya dan guru-guru di asrama biasanya cukup keras.

Suatu ketika ada seorang guru baru (Aamir Khan) di asrama tersebut. Dia mengajar pelajaran seni. Dia menyadari bahwa Ishaan adalah anak yang bermasalah. Dia kemudian mencari tahu tentang Ishaan dan mengetahui bahwa Ishaan menderita dyslexia yang menyebabkan dia kesulitan dalam belajar. Guru baru tersebut berusaha mendekati dan membantu Ishaan dan menyadari bahwa Ishaan sangat pandai melukis.

Satu hal yang disampaikan oleh Aamir Khan pada film tersebut adalah bahwa setiap anak adalah unik seperti layaknya bintang. Setiap anak mempunyai keunikan masing-masing yang tidak bisa disamaratakan.


#4. My Name is Khan (and I am not a terrorist) -  Film ini rilis saat saya masih SMA. Ini menjadi salah satu film terpopuler di kalangan orang Indonesia karena film ini sudah sering ditayangkan di televisi lokal. Inti cerita dari film ini adalah, Rizwaan Khan (Shah Rukh Khan) seorang autis yang cerdas yang berusaha menemui Presiden Amerika untuk menyampaikan pesan bahwa dia bukanlah seorang teroris. Alasan dia ingin menyampaikan pesan tersebut adalah kematian anaknya yang menyebabkan istrinya, Mandira (Kajol) merasa hancur. Mandira adalah seorang Hindu sedangkan Rizwaan adalah Muslim. Mandira berfikir bahwa kematian anakya disebabkan karena suaminya adalah seorang Muslim yang mana di Amerika saat itu sedang berduka akibat serangan gedung WTC oleh teroris. Mandira dengan kondisi masih terpukul saat itu meminta Rizwaan untuk pergi menemui presiden dan mengatakan bahwa Rizwaan adalah seorang Muslim dan dia bukanlah seorang teroris. 

Perjalanan Rizwaan Khan menemui Presiden Amerika sangatlah sulit. Dia bahkan sempat dipenjara dan menjadi pusat amukan masyarakat saat itu. 


#3. Chak De India  - Dibintangi oleh Shah Rukh Khan, yang berperan sebagai Kabir Khan, seorang pemain hokey nasional. Karir Kabir Khan sempat hancur karena kesalahpahaman akibat media yang memberitakan bahwa dia sudah mengkhianati negaranya sendiri dalam pertandingan hokey antar negara India vs Pakistan. Dia dan ibunya bahkan diusir dari tempat tinggalnya sendiri.

Kabir Khan kemudian mendirikan klub hokey perempuan dimana dia sebagai pelatihnya. Banyak cemooh dan kritikan dari banyak pihak. Mendirikan klub hockey pun tidak mudah karena masalah internal yang dihadapi oleh tiap pemain. Dengan kerja keras akhirnya Kabir Khan membawa klub hokey nya menjadi juara di ajang hokey internasional di Australia.

#2.  Bajrangi Bhaijaan - Film ini berkisah tentang seorang anak yang bisu berusia 6 tahun berkebangsaan Pakistan bernama Sahida yang tersesat di India saat ibunya hendak mengantarkannya ke New Delhi menemui tabib yang mampu membuat orang bisu bisa berbicara. Saat di India dia bertemu dengan seorang Hindu bernama Bajrangi (Salman Khan). Sahida sendiri adalah Muslim karena dia berkebangsaan Pakiskan. Bajrangi merasa kasihan melihat Sahida sendirian tersesat. Dia berusaha mencari tahu dari mana Sahida berasal. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengetahui tempat asal nya karena dia bisu. 

Bajrangi pun kaget ketika tahu bahwa Sahida adalah seorang Pakistan. Bagaimanapun juga dia tetap bertekad untuk mengantarkan Sahida pulang ke tempat asalnya di Pakistan. Perjalanan Bajrangi mengantarkan Sahida pulang sangat beresiko tinggi dan nyaris mustahil. Pasalnya Sahida saat itu tidak memegang pasport Pakistannya sehingga orang-orang di Kedutaan Besar Pakistan - New Delhi pun tidak percaya bahwa Sahida berasal dari Pakistan. Bajragi sendiripun tidak bisa mendapatkan visa ke Pakistan karena saat itu kantor Kedutaan Besar Pakistan sedang rusuh. Akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke Pakistan tanpa paspor dan visa. 


#1.  P.K - Dari semua film India yang sudah saya tonton, ini adalah film India terbaik menurut saya. Film ini memaksa kita untuk menjadi orang yang kritis terutama dalam hal beragama. Film yang dibintangi oleh Aamir Khan sebagai PK dan Anushka Sharma sebagai Jaggu, seorang wartawan televisi lokal India, memang sempat kontroversi terkait poster film tersebut. Namun akhirnya sang sutradara bisa membuktikan kualitas film PK dan hingga sekarangpun PK masih menjadi film terbaik. 
Peekay (PK) adalah seorang makhluk dari planet lain yang datang ke Bumi untuk melakukan penelitian. Dia datang ke Bumi dalam kondisi telanjang sebab di tempat asalnya dia tidak mengenal pakaian. Dia bisa mendengar namun tidak bisa berbicara karena di planet tempat tinggalnya semua makhluk berkomunikasi dengan pikiran. Suatu ketika remot kontrol milik PK dicuri oleh manusia yang menyebabkan dia tidak bisa pulang ke tempat asalnya. Dia kemudian pergi mencari remot kontrolnya tersebut. Dia belajar banyak hal dalam pencariannya seperti belajar bahasa, belajar berbicara, belajar mengenal uang, dsb. Dia bertanya pada banyak orang dimana dia bisa menemukan remot kontrol nya dan hampir semua menjawab bahwa hanya Tuhan yang tahu dimana remot kontrolnya. Dari situlah dia mulai mencari-cari siapa itu sebenarnya Tuhan dan mengapa semua orang sangat memuja-muja Tuhan.


Itu tadi sembilan daftar film terbaik versi saya sendiri. Jika tidak saya saring lagi mungkin bisa saja ada sekitar 15 film inspirasi. Perlu diingat bahwa kesembilan film tersebut benar-benar film pilihan yang menurut saya cukup memberikan pengaruh. Film diatas tidak termasuk film romantika ya. Sebetulnya banyak juga film romantika India yang bagus namun saya simpan untuk lain waktu saja.

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Nambah nomor 10. Maasaan/Pink. Keren banget mbak!

Balas
This comment has been removed by the author. - Hapus

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔