Skip to main content

BEASISWA ICCR INDIA UNTUK S1-S3 TAHUN 2020-2021

Beasiswa Indian Council for Cultural Relations

(ICCR) 2020-2021

Poster ICCR tahun lalu

Assalamu'alaikum teman-teman :) Mudah-mudahan teman-teman selalu sehat dan masih semangat ya karena saat yang selalu ditunggu-tunggu telah tiba. Yes, benar sekali. Beasiswa pemerintah India ICCR untuk jenjang S1-S3 tahun 2019-2020 akhirnya dibuka. Sudah banyak teman-teman yang menyapa saya di email dan Instagram untuk menanyakan perihal ICCR ini. Baiklah tanpa basa-basi lagi kita mulai saja ya.

Sekilas Tentang ICCR 
Ternyata masih banyak juga teman-teman yang bertanya ke saya "Kak, ada gak sih beasiswa buat ke India?" dan semacamnya. Bagi yang belum kenal dengan Beasiswa ICCR, berikut saya utarakan lagi ya teman-teman. Indian Council for Cultural Relations (ICCR) adalah sebuah badan pemerintahan dibawah Ministry of Foreign Affairs (a.k.a Kemlu). Salah satu program ICCR adalah penyediaan beasiswa belajar di India untuk semua jenjang S1, S2, S3, dan Research untuk semua jurusan kecuali Kedokteran (Medicine) dan Kedokteran Gigi (Dentistry) bagi mahasiswa asing di seluruh dunia. Beasiswa yang diberikan ICCR bersifat full-scholarship.

Beasiswa untuk tahun akademik 2019-2020 sudah dibuka sejak tanggal 1 Desember 2019 hingga 29 Februari 2020

Berkas yang Dibutuhkan
1. Foto ukuran 3.5x4.5 cm backgroud warna putih (untuk di upload di formulir)
2. Marksheet ijazah SMA
3. Marksheet pendidikan sebelumnya (jika mendaftar S2 maka sertakan markseet S1)
4. Physical Fitness yang diisi dan ditanda tangani oleh dokter
5. Surat rekomendasi dari sekolah atau kampus
6. Unique ID (Bisa pakai KTP)
7. Sinopsis bagi pendaftar S3

Note: Semua berkas asli harus dibawa saat proses daftar ulang di kampus India.

Fasilitas Beasiswa ICCR
Rs 1 = Rp 200 (kurang lebih)

a. Biaya Hidup Bulanan (Living Allowance)
Untuk jenjang S1 uang saku sebesar Rs 18,000 per bulan. Untuk jenjang S2 uang saku bulanan sebesar Rs 20,000 . Untuk jenjang S3 uang saku bulanan sebesar Rs 22,000 dan untuk jenjang Postdoc sebesar Rs 25,000.

b. Uang Kuliah/SPP
Dibayarkan langsung oleh pihak ICCR ke kampus 

c. Uang Sewa Rumah
Bagi penerima beasiswa yang berada di kota Grade 1 yakni kota metropolitan seperti Delhi, Chennai, Bangalore dan Mumbai maka uang sewa rumah sebesar Rs 6,500 per bulan. Untuk yang tinggal di kota lain yakni sebesar Rs 5,500

Note: setiap penerima beasiswa wajib tinggal di asrama kampus (hostel) dan biaya sewa hostel + listrik akan dibayarkan langsung oleh ICCR kepada pihak kampus. Bagi yang ingin tinggal diluar kampus maka harus mendapat persetujuan dari ICCR dan besaran uang sewa seperti yang tertulis diatas. Bagi yang tidak mendapat persetujuan dari ICCR maka ICCR tidak akan memberikan uang sewa rumah sehingga biaya sewa rumah harus dibayar dengan uang saku pribadi.

d. Uang Buku (Contingent Grant)
Besaran uang buku sebesar Rs 5,000 (S1), Rs 7,000 (S2), Rs 12,500 (S3) dan Rs 15,500 (Postdoc). Nominal tersebut hanya didapat sekali selama masa kuliah berlangsung.

e. Biaya Penelitian atau Projek
Bagi mahasiswa S3 yang wajib melakukan thesis atau desertasi maka ICCR memfasilitasi dana penelitian sebesar Rs 10,000 (S3). Untuk jenjang S1 dan S2 yang tidak wajib thesis namun kampus mewajibkan pembuatan project work maka fasilitas dana yang diberikan sebesar Rs 7,000.

f. Biaya Kesehatan (Medical Benefit)
ICCR akan memberikan biaya kesehatan bagi penerima beasiswa dengan cara menyertakan bukti periksa atau bill obat. Bill periksa atau obat yang dicover oleh ICCR hanya yang berasal dari Klinik atau Rumah Sakit kampus dan Rumah Sakit Pemerintah.

g. Visa Belajar
Semua penerima beasiswa akan mendapatkan VISA  gratis.

h. ICCR Winter and Summer Trips
Setiap tahunnya ICCR akan mengadakan Winter Trip dan Summer Trip ke beberapa tempat wisata di kota pilihan. Biaya trip gratis bagi para penerima beasiswa. Fasilitas yang diberikan berupa transportasi, penginapan, makan, dan tiket masuk tempat wisata.

 
Bagaimana Cara Mendaftar?
ICCR adalah salah satu beasiswa yang paling tidak ribet prosedurnya menurut saya hehe... karena pelamar hanya cukup registrasi melalu website ICCR http://a2ascholarships.iccr.gov.in/
lalu mengisi data-data yang diperlukan dan upload semua dokumen-dokumen yang disyaatkan. Demi proses penulisan artikel ini dan kemudahan teman-teman dalam memahami maka saya juga melakukan registrasi di website ICCR.

Homepage A2A ICCR

 Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di portal Admission A2A ICCR http://a2ascholarships.iccr.gov.in/ pada tab Applicant Registration di pojok kanan atas homepage (lihat gambar)

Setelah klik tab Applicant Registration maka akan muncul halaman seperti dibawah. Setelah itu klik submit dan jika registrasi berhasil maka teman-teman akan mendapatkan email dari ICCR.

Applicant Registration

Setelah proses pembuatan  akun selesai, silakan kembali ke homepage dan log in menggunakan email dan password teman-teman. 

Setelah log in maka teman-teman akan melihat halaman akun seperti dibawah.

Halaman Akun

Pada halaman akun ini tersedia 3 pilihan pada sisi samping kanan; Apply Application, Check Status, dan View Profile. Apply Application untuk mendaftar beasiswa, Check Status untuk melihat status pendaftaran, dan View Profile untuk melihat profil singkat teman-teman. 

Klik tombol Apply Application untuk mulai mendaftar. . 



Setelah selesai mengisi semua data di halaman pertama lalu klik tombol NEXT dan akan muncul halaman kedua seperti dibawah


Bagi pelamar program S1 maka Previous Educational Qualification diisi berdasarkan ijazah SMA, untuk pelamar S2 berdasar ijazah S1, dan pelamar S3 berdasar ijazah S2. Untuk Percentage (%) Grade diisi berdasarkan nilai akhir yang didapat yang sudah diubah kedalam bentuk persen. Misal nilai akhir adalah 8.1 dari 10 maka perentage adalah 81%, jika IPK 3.00 dari 4.00 maka percentage adalah 75%, dst. 

Setelah selesai klik tombol NEXT dan akan muncul halaman seperti dibawah



Jangan lupa untuk siapkan foto tanda tangan dalam format JPG yang tidak lebih dari 200 kb. Setelah itu klik tombol NEXT dan akan muncul halaman akhir pendaftaran yakni upload berkas. 


Perlu diingat bahwa semua dokumen yang disertakan sudah harus berbahasa Inggris. Jika ada dokumen yang masih berbahasa Indonesia maka wajib diterjemahkan dalam Bahasa Inggris. Untuk pelamar S1 dimana ijazah biasanya masih berbahasa Indonesia maka ijazah wajib diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah.

Note: Ketika Final Admission (Final Submit) sudah dilakukan maka informasi dan berkas yang di-submit tidak bisa diubah lagi.

Setelah semua berkas selesai diupload lalu klik FINAL SUBMIT maka proses pendaftaran telah selesai. Status berkas bisa  dilihat pada halaman awal di bagian Check Status.

Koreksi sebelumnya : data teman-teman akan tetap tersimpan walaupun teman-teman tidak langsung final sumit saat itu juga. Jadi mulai sekarang teman-teman sudah bisa nyicil untuk mengisi formulir dan melanjutkannya di lain waktu


Segala prosedur pendaftaran dilakukan secara online di website ICCR. Pelamar tidak perlu lagi mengirimkan berkas-berkas ke Indian Embassy atau Konjen.

Demikian info seputar beasiswa ICCR ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Budayakan selalu membaca sebelum bertanya karena kompetisi paling awal dalam merai beasiswa adala kesabaran, ketelitian, dan kecermatan dalam membaca formulir.

Teman-teman, sekedar informasi saja bahwa apa yang saya tulis disini juga merupakan hasil saya riset, membaca, dan mempelajari segala informasi yang diberikan oleh ICCR (semejak regulasi dan peraturan baru dari ICCR dua tahun lalu). Jadi, saya mohon maaf apabila informasi hasil riset dan sedikit pengalaman yang tertuang di artikel ini masih banyak ketidaksempurnaan. Saya terbuka untuk segala koreksi demi kebaikan bersama. Saya sangat menyarankan untuk membaca Guidelines dalam format PDF yang sudah saya cantumkan link-nya diatas. Saya akan sesekali membuat penambahan dan sedikit koreksi pada artikel ini.

Bagi teman-teman yang ingin tanya jawab terkait beasiswa, pengalaman, atau apapun yang berkaitan dengan India bisa menghubungi saya di IG @rahma.fs  atau email s.fathurrohmah@gmail.com. Teman-teman yang ingin tau lebih banyak tentang belajar di India bisa follow akun IG @pasporkuliah. Sekian dari saya.


Wassalamu'alaikum

Rahma S

Comments

  1. Kak boleh tau berkas yg harus disiapkan apa aja?

    ReplyDelete
  2. Hallo, Mohon maaf kak mau tanya, Permanent Unique ID itu apa ya ? Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum kak, dari kita mendaftar di ICCR sistem penerimaan nya itu gimana? Sama ayah saya menyarankan saya kuliah di LPU, Punjab, yang notabene itu private school, apakah private school(terutama LPU) disana sebagus univ negeri? Saya mau kuliah jurusan B. Tech CSE, terimakasih sebelumnya kak..

    ReplyDelete
  4. Aslm, dear Rahma for human nutrition and public health subject, universitas apa yaaa di India yang memberikan scholarship utk Indonesia student ? Thank you so much before dear Rahma.

    ReplyDelete
  5. Kak mau nanya nih,kan saya masih kls 11 tpi saya udah niat untuk mendaftar tpi bahasa inggris saya kurang,apakah saya harus ikut les bahasa inggris? Kakak dulu nya les bahasa inggris kah
    Mohon bantuannya ya kak :)

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum kak, kalau kita daftar di iccr nanti kita kuliah nya bisa di sembarang universitas gak atau hanya yang di khususkan oleh iccr

    ReplyDelete
    Replies
    1. ICCR punya list kampus. Kampus tujuan kita harus masuk di list tsb

      Delete
  7. Kalau ijazahnya diterjemahkan bukan oleh penerjemah tersumpah, bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal ijazah nya pake yang tersumpah ya kalau memang terlalu banyak dokumen yang harus di terjemah

      Delete
  8. Pemberitahuan diterima atau tidaknya bagaimana min, kok tidak dijelaskan di artikel. biar kita nggak galau nunggu,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[FAQ] Mencari Tempat Tinggal di India

Pertanyaan seputar mencari tempat tinggal di India dalam rangka studi merupakan salah satu pertanyaan yang cukup populer. Saya juga baru menyadari bahwa saya belum pernah membuat tulisan terkait hal tersebut. Jadi bagi teman-teman yang sedang istikharah untuk studi di India, mari kita belajar dulu ilmu mencari tempat tinggal disini.

Artikel ini berjudul 'mencari tempat tinggal' karena memang dikhususkan untuk teman-teman yang siapa tahu nanti kampus nya tidak menyediakan asrama (hostel) seperti kampus-kampus saya. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman selama saya sekolah di Delhi dan Hyderabad namun informasi yang tertulis bersifat umum.
Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin menyampaikan bahwa untuk teman-teman yang hendak belajar di kampus India, alangkah baiknya mencari informasi dahulu apakah kampus memfasilitasi hostel bagi mahasiswa asing. Informasi bisa didapatkan melalui website kampus atau bertanya langsung kepada mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di …

A Poem on Humanity : The Rotating Sphere

This world already lacks of love and humanity. Do not live in that kind of world. Build your own world. Decorate it with love, joy, and humanity, and live in it. That is the actual world. The prior is fake, or you can nickname it, The Rotating Sphere. If your own world does not have those accessories, then where will you run when the sphere becomes totally loveless?
We are too busy running for president, or striving for Nobel Prize by discovering more galaxies, or memorizing a hundred digits of Pi. We describe it as civilization. But pity, within us, are uncivilized.
Be on The Mother Earth. Stay on Her lap. But do not live it. Live what is within, and you will be more humane.
****

I love poems since I was 15. I love reading them, but never confident enough to write my own. But when I find the right time, idea, and sense, all those three combinations will suffice to drive me to write one. Most of the time, I will just keep my sketchy poems for myself.

The Rotating Sphere, I think, deserves for publicati…